CAPITAL CORP. SYDNEY

73 Ocean Street, New South Wales 2000, SYDNEY

Contact Person: Callum S Ansell
E: callum.aus@capital.com
P: (02) 8252 5319

WILD KEY CAPITAL

22 Guild Street, NW8 2UP,
LONDON

Contact Person: Matilda O Dunn
E: matilda.uk@capital.com
P: 070 8652 7276

LECHMERE CAPITAL

Genslerstraße 9, Berlin Schöneberg 10829, BERLIN

Contact Person: Thorsten S Kohl
E: thorsten.bl@capital.com
P: 030 62 91 92

IHSG Dibuka Sumringah, Bakal Happy Weekend Nih?

Uncategorized

Jakarta, CNBC Indonesia – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka cenderung menguat pada awal perdagangan sesi I Jumat (11/10/2024), di mana sentimen dari eksternal kembali akan mewarnai pergerakan pasar saham RI, mulai dari Timur Tengah hingga hasil dari Indeks Harga Konsumen (IHK) Amerika Serikat (AS).

Pada pembukaan perdagangan hari ini, IHSG dibuka menguat 0,45% ke posisi 7.513,65. Selang empat menit setelah sesi I dibuka, penguatan IHSG sedikit meningkat yakni menguat 0,5% ke 7.517,12.

Nilai transaksi indeks pada awal sesi I hari ini sudah mencapai sekitar Rp 441 miliar dengan volume transaksi mencapai 1 miliar lembar saham dan sudah ditransaksikan sebanyak 47.118 kali.

Pergerakan IHSG pada hari ini masih diwarnai oleh sentimen dari eksternal, mulai dari perkembangan terbaru konflik geopolitik Timur Tengah hingga hasil dari IHK AS periode September 2024.

Situasi Timur Tengah makin membara di tengah kemungkinan pecahnya perang antara Israel dan Iran. Meski demikian, perkembangan terbaru muncul, yang menyeret Arab Saudi di dalamnya.

Pangeran Arab, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salam (MBS) dilaporkan “turun gunung” mengadakan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Iran, Abbas Araqchi. Ini terjadi di Riyadh, Rabu waktu setempat, sebagaimana dilaporkan media pemerintah Arab Saudi, Saudi Press Agency (SPA).

Mengutip Reuters, Kamis kemarin, kedua sosok tersebut bertemu untuk membicarakan permasalahan kawasan. Arab Saudi sendiri memang telah melakukan pendekatan ke Iran selama beberapa tahun terakhir, untuk meredam meningkatnya tensi walau tetap sulit.

Iran melancarkan serangan rudal ke Israel sebagai balasan atas eskalasi Negeri Yahudi itu terhadap Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon, dalam konflik yang terjadi bersamaan dengan perang Gaza.

Awal pekan ini, Teheran memperingatkan negara-negara Teluk Arab agar tidak mengizinkan penggunaan wilayah udara atau pangkalan militer mereka untuk membantu Israel atau sekutunya membendung Iran.

Sementara itu dari AS, tingkat inflasi tahunan yang dapat diukur dari IHK di AS melambat selama enam bulan berturut-turut menjadi 2,4% pada September 2024, terendah sejak Februari 2021, turun dari 2,5% pada Agustus. Namun, angka ini lebih tinggi dari perkiraan sebesar 2,3%. Angka tahunan ini adalah yang terendah sejak Februari 2021.

Secara bulanan, tampak IHK naik 0,2% (month to month/mtm), sama seperti pada Agustus, dan di atas perkiraan sebesar 0,1%.

Tingkat inflasi inti tahunan secara tak terduga meningkat menjadi 3,3%, dibandingkan dengan 3,2% pada dua bulan sebelumnya, sementara para investor memperkirakan angka tersebut akan tetap di 3,2%. Tingkat inflasi inti bulanan tetap di 0,3%, sama seperti pada Agustus tetapi di atas perkiraan sebesar 0,2%.

Secara keseluruhan, ekonomi AS pasca-Covid terus menjadi perhatian banyak negara industri. Namun, masih ada tanda-tanda bahwa pertumbuhan mulai melambat.

Dari sisi politik Tanah Air, Presiden Terpilih Prabowo Subianto mulai memberikan bocoran mengenai bentuk kabinet yang siap bekerja selama 2024-2029. Kabinet akan diumumkan setelah pelantikan 20 Oktober 2024.

Hal ini disampaikan Prabowo ketika bertemu dengan investor dalam sebuah acara yang digelar di Jakarta Convention Center, Rabu lalu.

Prabowo akan bersama koalisi besar dalam lima tahun ke depan. Maka jangan heran apabila nanti kabinet tampak gemuk.

“Saya ingin bentuk pemerintahan persatuan yang kuat terpaksa koalisinya besar,” ungkap Prabowo.

SUMBER : CNBC INDONESIA